RSS

Muslim Hobi Menghina, Tapi Tak Mau Dihina

15 Aug


Artikel ini disadur dari tulisan sdr. Ulil, seorang muslim yang berani jujur terhadap dirinya sendiri. Selamat membaca, semoga anda semakin cerdas.

Gemar Menghina,

Tapi Tak Mau Dihina



Apa yang saya tulis ini adalah “muraja’ah” atau oto-kritik bagi umat Islam, atau tepatnya bagi sebagian kalangan Islam yang watak-wataknya akan saya sebutkan nanti.

Selama ini, ada sebagian kalangan Islam yang marah besar jika agama mereka “dihina” atau diejek. Kalau ada umat agama lain yang mengkritik sebagian ajaran atau pandangan yang berkembang dalam agama Islam, maka yang bersangkutan bisa terkena tuduhan “menghina agama Islam”.

Tetapi, lihatlah apa yang diperbuat oleh umat Islam terhadap umat agama lain. Mereka dengan seeanknya melakukan penghinaan, ejekan, kritikan, dan serangan pada doktrin dan ajaran agama lain, terutama Kristen.

Kalau anda pernah melakukan salat Jum’at di sejumlah masjid di Jakarta, maka usai salat anda akan berjumpa dengan “pasar tiban” di depan masjid. Para pedagang kaki lima berdesak-desak di depan masjid, antara lain menjajakan buku-buku, pamflet, dan VCD/DVD yang isinya adalah serangan atas doktrin Kristen.

Misalnya, rekaman ceramah Irene Handono, seorang perempuan yang konon mantan biarawati yang kemudian masuk Islam, dijual secara bebas di “pasar-tiban” pada hari Jumat itu. Setelah masuk Islam, Irena Handono berkeliling dari satu majlis taklim satu ke yang lain, dan berceramah yang isinya menyerang doktrin agama Kristen.

Jika umat Islam disuguhi dan disuapi setiap saat dengan ceramah-ceramah “kebencian” semacam itu, maka tak mustahil akan muncul sikap curiga dan benci terhadap umat agama lain.

Pertanyaan saya adalah: jika ada pengkhotbah dan pendeta Kristen yang melakukan hal serupa seperti dilakukan oleh Iren Handono, berceramah keliling menyerang doktrin agama Islam, membongkar kesalahan ajaran Islam dalam kaca-mata Kristen, apakah umat Islam bisa menerima hal itu? Apakah pengkhotbah itu tidak akan “dikeroyok” oleh massa Islam, dituduh menghina agama Islam?

…..

Tampaknya umat Islam, atau tepatnya sebagian kalangan Islam, suka sekali menghina agama lain, tetapi marah besar saat agama mereka dihina.

Apakah tindakan semacam ini sesuai dengan adab, tata-krama, etika, dan akhlaq yang diajarkan oleh Islam?

June 15th, 2008


* Catatan Admin:

Sayang sekali Ulil hanya mendeskripsikan fenomena mentalitas muslim yg unfair tersebut, tapi belum memberikan jalan keluar apa-apa. Pendapat Ulil di atas, terbukti dari respon para muslim yg mengunjungi blog ini, yg cuma bisa mencak-mencak kebakaran jenggot, tp tak berbuat apa-apa thd blogs yg menghina & menghujat keyakinan non-muslim, yg eksistensinya telah ada jauh sebelum blog ini dibuat.


Sumber:
http://ulil.net/2008/06/15/gemar-menghina-tetapi-tak-mau-dihina/

 
3 Comments

Posted by on August 15, 2008 in Muslimer

 

3 responses to “Muslim Hobi Menghina, Tapi Tak Mau Dihina

  1. Setyawan

    May 23, 2011 at 8:26 am

    Hapus Hukum Penistaaan agama di Pakistan, barang siapa yg berani menghina Muhammad & Allah hukumannya mati.
    Hapus Hukum Syariah di Mesir yg memberi Non Muslim status warga kelas dua (Dhimmi)& Jizyah.
    Muslim agama yang suka menghina Non Muslim, tetapi tidak mau di hina.
    Dasar Islam agama Rasis.

     
  2. Halim Setio

    August 9, 2011 at 11:50 am

    Sebaiknya tidak menyajikan info mentah yang tidak jelas sumbernya untuk menghindari konotasi fitnah…

    Suatu ajaran sudah pasti dimaksudkan untuk mendidik dari yang tidak baik menjadi baik, Islam sudah nyata memenuhi kriteria itu dan diakui sebagai agama yang cinta damai yang tidak pernah menganjurkan memulai permusuhan

    Jadi anggapan bahwa : Muslim hobi menghina , tapi tak mau dihina …adalah terlalu naif tanpa melihat fakta sebenarnya

    terima kasih

     
  3. Yolanda aja

    August 16, 2011 at 6:02 pm

    Kita liat faktanya sajalah, bagaimana implementasi ajaran Islam di lingkungan masyarakat Indonesia

    Bisa dirasakan sendiri sperti apa Muslim memperlakukan non-muslim di Indonesia ini…

    Kalo tudingan itu ditujukan kepada Muslim Indonesia jelas tidak mengena…tidak ada buktik konkritnya…kalopun ada itu adalah kejadian SALING MENGHINA…bukan penghinaan sepihak dari Muslim

     

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: