RSS

KISAH ISLAMI YG LUCU & NYELENEH

15 Aug

KISAH-KISAHISLAMI

YANG LUCU & ANEH

Islam & Cerita-Cerita Menggelikan :

Orang Indonesia mengenal cerita si kancil, seekor binatang yang berfikiran seperti manusia dan bisa bercakap-cakap. Di Barat dikenal kisah-kisah seperti Donald Bebek dan Micky Mouse, binatang yang berperilaku seperti manusia dan sangat menggelikan.

Uniknya, dalam Al-Qur’an dan tradisi Islam dijumpai juga kisah-kisah serupa yang tidak kalah lucu, unik dan menggelikannya. Batu, binatang, tulang bahkan bumi dan langit-pun bias ngobrol dan memiliki kesadaran manusia.

1. BATU MENGGODA NABI MUSA

Kisah berikut dijamin sangat lucu, yaitu nabi Musa menjadi korban mujizat yang dilakukan Aulloh SWT .

Sumber: Sahih Al-Bukhari, Volume 4, buku 55, Nomor 616:

Dikisahkan oleh Abu Huraira :

Rasulullah berkata, “Nabi Musa adalah orang yang pemalu dan biasa menutup tubuh keseluruhan karena sifat pemalunya. Salah satu orang Israel berkata, “Dia menutup tubuhnya karena ada cacat dikulitnya …….” Allah berketetapan untuk menyembuhkan Musa dari tuduhan tersebut, maka satu saat pada waktu Musa sedang sendirian, Musa menanggalkan bajunya dan meletakkan diatas sebuah batu dan mulai mandi. Saat dia selesai mandi, Musa hendak mengambil bajunya, namun sang batu mengambil bajunya dan lari. Musa mengambil tongkatnya dan mengejar batu yang berlari sambil berkata, “O batu, kembalikan bajuku!”. Musa berlari hingga mencapai sekelompok orang Israel yang melihatnya telanjang, dan melihatnya dalam keadaan sempurna seperti yang telah diciptakan Allah, dan Allah membersihkannya dari tuduhan mereka. Sang batu berhenti dan Musa mengambil bajunya dan mengenakannya dan kemudian mulai memukuli batu tersebut dengan tongkatnya. Demi allah, batu itu masih memiliki bekas-bekas pukulan, 3, 4 atau 5 bekas pukulan. Inilah yang dimaksud Allah saat berfirman, “(33:69)

Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu menjadi seperti orang-orang yang menyakiti Musa; maka Allah membersihkannya dari tuduhan-tuduhan yang mereka katakan. Dan adalah dia seorang yang mempunyai kedudukan terhormat di sisi Allah.

(QS 33:69)

Luar biasa, Aulloh SWT membuat mujizat 2 kali:

• batu bisa mencuri pakaian nabi Musa dan berlari-lari

• rasa pemalu nabi Musa dihilangkan Aulloh SWT hingga berani lari-lari telanjang.

Ada-ada saja mujizat Aulloh SWT ini.

Apa pula gunanya mujizat seperti ini.

Apakah Aulloh SWT tidak bisa membuat mujizat yang tidak perlu membuat nabi MUSA LARI-LARI TELANJANG MENGEJAR BATU.

2. SEMUT YG MEMILIKI KESADARAN MANUSIA

Dalam kisah Sulaiman, dijumpai tentang semut yang berbicara.

QS 27 –

18: Hingga apabila mereka sampai di lembah semut berkatalah seekor semut: Hai semut-semut, masuklah ke dalam sarang-sarangmu, agar kamu tidak diinjak oleh Sulaiman dan tentaranya, sedangkan mereka tidak menyadari”;

19: maka dia tersenyum dengan tertawa karena (mendengar) perkataan semut itu. Dan dia berdo’a: “Ya Tuhanku berilah aku ilham untuk tetap mensyukuri ni’mat Mu yang telah Engkau anugerahkan kepadaku dan kepada dua orang ibu bapakku dan untuk mengerjakan amal saleh yang Engkau ridhai; dan masukkanlah aku dengan rahmat-Mu ke dalam golongan hamba-hamba-Mu yang saleh”.

Kisah diatas cukup mengelikan karena menempatkan semut memiliki kesadaran dan berbicara seperti manusia. Semut tidaklah berbicara seperti manusia berbicara melainkan menggunakan sinyal-sinyal suara yang sangat terbatas, seperti bunyi jangkrik yang mengerik atau burung yang mencicit.

Sumber: The Ants. – Bert Hölldobler dan Edward O. Wilson. –
Cambridge, Mass., Harvard University Press, 1990, hal.257.

Tidak ada bukti untuk mengkategorikan suara kerikan lebih dari sekedar sinyal tunggal yang sederhana. Dalam kata lain, semut tidak berbicara dengan modulasi suara… suara kerikan semut adalah monoton dengan pengertian yang terbatas.

Semut tidak bercakap-cakap seperti manusia, melainkan berkomunikasi terutama dengan kimia pheromone.

Sumber: Ibid, halaman 255.

Penggunaal sinyal vibrasi tidaklah banyak dalam kehidupan semut dibandingkan dengan komunikasi menggunakan pheromone ….

Pheromone sendiri adalah zat kimia.

Sumber:Encyclopaedia Britnannica, edisi 2003

Topik: Pheromone

…zat kimia yang dihasilkan dalam jumlah kecil oleh organisme dengan tujuan untuk memicu reaksi tertentu dari organisme lainnya dalam spesies yang sama. Pheromone digunakan secara luas oleh serangga dan vertebrata namun tidak dikenal dalam dunia burung.

Kisah dalam Al-Qur’an yang menempatkan semut berbicara dan memiliki kesadaran seperti manusia:

• Mengetahui bahwa Sulaiman dan pasukannya tidak menyadari keberadaan mereka (semut).

• Mengetahui nama sang pemimpin yaitu Sulaiman.

• Mengetahui sang pemimpin memiliki prajurit yang banyak, atau dengan kata lain memiliki kesadaran tunggal dan majemuk.

Bayangkan, semut saja bisa mengetahui nama manusia, sementara manusia tidak tahu nama-nama semut atau mengetahui apakah semut-semut punya nama. Jika semut punya nama, mungkin saja ada semut yang bernama Muhammad? Hanya Aulloh SWT yg tahu.


3. KELEDAI PENDAKWAH YG BUNUH BUNUH DIRI

Kisah berikut dijamin juga lucu.

Sumber : The Beginning and the End.
Ibn Kathir, Chapter Six, Entry title: “The Conversation of the Donkey”

Ketika Allah membuka Khaybar bagi Muhammad, dia menerima bagian rampasan perang, yaitu 4 domba, 4 kambing, 10 poci berisi emas dan perak, dan seekor keledai yang kurus.

Rasullulah bertanya kepada sang keledai, “Siapa namamu?” Si keledai menjawab, “Yazid Ibn Shihab. Allah telah menganugerahi 60 pendahuluku, semuanya ditunggangi oleh nabi. Tidak ada keturunan dari kakekku yang masih hidup kecuali aku, dan tidak ada nabi yang masih ada kecuali kamu dan aku mengharapkan kamu untuk menunggangi aku. Sebelum kamu, aku dimiliki oleh seorang Yahudi, yang telah sering aku buat terjatuh, jadi dia sering menendang perutku dan memukuli punggungku.

Rasulullah berkata kepadanya, “Aku akan memanggilmu Ya’foor, Oh Ya’foor”. Kemudian Ya’foor menjawab, “Aku patuh”. Rasulullah kemudian bertanya, “Apakah kamu menginginkan keledai betina?” Si keledai menjawab, “Tidak”.

Makanya Rasulullah sering menunggangi keledai itu dalam perjalanannyanya dan jika Rasulullah turun darinya maka beliau akan mengirimnya ke rumah yang mau disinggahinya dan Ya’foor akan mengetuk pintu dengan kepalanya. Ketika pemilik rumah membuka pintu, Ya’foor akan memberi tanda kepada pemilik rumah agar menjumpai Rasulullah.

Ketika Rasulullah meninggal, Ya’foor pergi ke sumur milik Abu Al-Haytam Ibn Al-Tahyan dan menceburkan dirinya kedalam sumur karena kesedihannya akibat meninggalnya Rasulullah, dan menjadikan sumur itu kuburannya.

Dari uraian diatas dapat disimpulkan 2 hal yaitu:

• Hal yang menyedihkan adalah karena Ya’foor yang telah berdakwah tentang Muhammad SAW ternyata membunuh dirinya sendiri dan dia harus masuk neraka menurut ayat-ayat Al-Qur’an berikut ini, QS 4: 29: …Dan janganlah kamu membunuh dirimu [287]; sesungguhnya Allah adalah Maha Penyayang kepadamu.

QS 4: 30: Dan barangsiapa berbuat demikian dengan melanggar hak dan aniaya, maka Kami kelak akan memasukkannya ke dalam neraka. Yang demikian itu adalah mudah bagi Allah.

• Sementara hal yang menggelikan

– Percakapan antara Muhammad SAW dengan si keledai Ya’foor lagi-lagi nyerempet seputar keledai betina.Heran yah, selalu yang dibicarakan soal makhluk berkelamin perempuan. Jangan-jangan kalau si keledai Ya’foor mau keledai betina, bakal dicariin sama Muhammad SAW keledai betina yang baru berumur 9 hari, kayak Aisha yg berumur 9 tahun.

– Sang keledai mempunyai nama seperti nama Arab yaitu Yazid ibn Shihab. Tampaknya masyarakat keledai juga mengikuti pola paternalistic yaitu mengikuti garis ayah. Hahahaaa….

– Sang keledai mengetahui bahwa 60 leluhurnya semuanya ditunggangi oleh nabi. Luar biasa, bagaimana caranya sang keledai meneruskan daftar keturunan itu kepada keledai berikutnya. Sedangkan manusia saja paling-paling hanya mengetahui daftar keturunan hingga 5–6 generasi diatas, menurut tradisi Jawa: ayah– kakek–buyut–cicit–canggah.

Hal ini tidak mengherankan karena menurut Al-Qur’an, binatangpun memiliki tradisi masyarakat seperti manusia.

QS 6: 38:

Dan tiadalah binatang-binatang yang ada di bumi dan burung-burung yang terbang dengan kedua sayapnya, melainkan umat (juga) seperti kamu.

Jadi tidak mengherankan mereka punya nama mengikuti garis keturunan ayah, bahkan mencatat daftar keturunan mereka. Luar biasa.

4. RUSA YANG MEMILIKI KESADARAN MANUSIA

Kisah berikut juga tampaknya lucu.

Sumber: “The Beginning and the End”
Ibn Kathir, Chapter Six, “The Conversation of the Deer”

… Dikisahkan oleh Um Salamah, istri Rasulullah yang berkata:

Ketika Rasulullah sedang berada di padang pasir dia mendengar satu suara, “O Rasulullah, O Rasulullah.” Dia melihat berkeliling tetapi tidak bisa menemukan satu orangpun. Kemudian suara itu terdengar lagi dan Rasulullah mengikuti sumber suara itu hingga dia menemukan seekor rusa yang diikat dengan sepotong tali.

Rasulullah melihat seorang Bedouin berbaring disebelahnya, tidur dibawah sinar matahari. Sang Rusa berkata, “O Rasulullah, orang beduin ini telah menangkapku, padahal aku memiliki seekor anak rusa jantan dibukit ini. Jika menurutmu baik untuk melepaskanku sehingga aku dapat memberi makannya, aku berjanji akan kembali”. Rasulullah berkata, “Dan kamu pasti kembali?”. Rusa menjawab, “Biarlah aku disiksa dengan kejam sebagai pendosa jika aku tidak melakukannya. ….Rasulullah melepaskannya dan sang rusa melompat-lompat dengan gembira menuju padang pasir, menendang dengan kakinya dan sang rusa berkata, “Aku bersaksi bahwa tidak ada Tuhan selain allah dan kamu adalah utusan Allah”.

Kisah diatas sangat luar biasa lucunya :

• seekor rusa bisa memanggil-manggil Muhammad SAW, sementara Muhammad SAW sendiri tidak melihat rusa tersebut.

• bisa mengerti arti dosa jika melanggar janji.

• dan yang paling menggelikan adalah sang rusa mengerti kalimat syahadat.

Siapa yang mengajari rusa tersebut kalimat syahadat, siapa nabi rusa yang mengajarkannya. Atau mungkin sang rusa memahami bahasa Arab??

Ada-ada saja.

KOMENTAR :

Kisah-kisah diatas jelas bukanlah gaya bahasa metafora melainkan sesuatu yang memang dipercaya telah terjadi karena Al-Qur’an memang mengajarkan bahwa binatang dan tumbuhanpun memiliki kesadaran agama seperti manusia dan dapat bercakap-cakap.

QS 22: 18:

Apakah kamu tiada mengetahui, bahwa kepada Allah bersujud apa yang ada di langit, di bumi, matahari, bulan, bintang, gunung, pohon-pohonan, binatang-binatang yang melata dan sebagian besar daripada manusia?

QS 34: 10:

Dan sesungguhnya telah Kami berikan kepada Daud kurnia dari Kami. (Kami berfirman): “Hai gunung-gunung dan burung-burung, bertasbihlah berulang-ulang bersama Daud”

Bahkan langit dan bumipun ternyata juga bisa bercakap-cakap.

QS 41: 11:

Kemudian Dia menuju kepada penciptaan langit dan langit itu masih merupakan asap, lalu Dia berkata kepadanya dan kepada bumi: “Datanglah kamu keduanya menurut perintah-Ku dengan suka hati atau terpaksa”. Keduanya menjawab: “Kami datang dengan suka hati”.

Bahkan tulang kambingpun berbicara seperti contoh berikut saat Muhammad SAW diracun oleh seorang wanita Yahudi.

Sumber: Sirah Ibnu Ishaq – Kitab Sejarah Nabi Tertua.

Muhammad bin Yasar bin Ishaq. Muhammadiyah University Press, 2002, jilid 3, hal.08.

….. Rasulullah segera memegang dan mengambil sebagian daging kambing itu, tetapi tidak menelannya. Bisyr bin Bara bin Marur yang menyertai beliau juga mengambil sebagian lalu langsung menelannya, sementara Rasulullah berkata, “Tulang ini mengatakan bahwa dia diberi racun.”

Jadi :

* semut ngobrol, bahkan bisa mengetahui nama Sulaiman

* keledai Yafoor ngobrol bahkan memiliki kesadaran untuk bunuh diri masuk sumur

* rusa ngobrol, bahkan bisa kalimat syahadat

* tulang ngobrol, bahkan bisa tahu kalau dirinya dibubuhi racun

* langit ngobrol

* bumi ngobrol

* batu bisa lari-lari bawa pakaian.

Kisah-kisah diatas membuktikan bahwa Al-Qur’an dan tradisi Islam sangatlah lucu, melebihi lucunya kisah si-Kancil dan Donald Bebek.

Sumber:
http://www.indonesia.faithfreedom.org/forum/viewtopic.php?t=23
http://www.indonesia.faithfreedom.org/forum/viewtopic.php?t=1178

 
2 Comments

Posted by on August 15, 2008 in Islam

 

2 responses to “KISAH ISLAMI YG LUCU & NYELENEH

  1. D I T A S A N

    July 27, 2009 at 3:13 pm

    Dari gaya bahasa anda, kelihatan sekali anda bukan lah orang yang cukup pintar untuk mengerti metafora simpel seperti yang di atas. Kasiaaaan deh lu K A F I R.

     
  2. Darmawan-STIM

    November 29, 2009 at 7:24 am

    kurang ajar luh…! mau bikin SARA di Indonesia ini?

     

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: